Home » , » Kenapa Sariawan Mudah Muncul? Ini Jawabannya

Kenapa Sariawan Mudah Muncul? Ini Jawabannya

Sariawan adalah salah satu bentuk infeksi dari luka yang muncul pada bagian mulut. Biasanya hal yang paling umum terjadi adalah sariawan biasa, yang disebabkan oleh luka pada bagian sekitar mulut. Sariawan sendiri berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sariawan dapat terjadi pada siapapun saja. Entah itu muda ataupun tua memiliki kemungkinan yang sama dalam mengalami sariawan, bahkan pada beberapa orang, masalah sariawan ini bisa lebih sering terjadi. Sariawan sendiri dapat muncul karena banyak penyebab.

Terkadang sariawan tidak di tanggapi atau di biarkan saja. Entah dengan didiamkan saja dengan harapan penyakitnya hilang dengan sendiri.


Mengunyah makanan dan berbicara menjadi salah satu hambatan bila anda mengalami sariawan. Sariawan biasanya muncul di pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah serta di langit-langit.

Meski penyakit ini sering terjadi, ternyata banyak yang tidak tahu apa penyebab terjadinya sariawan. Dan Berikut adalah penyebab sering sariawan :

1. Tergigit sendiri saat mengunyah

Tergigit saat mengunyah satu hal yang paling banyak menjadi penyebab dari munculnya sariawan pada bagian rongga mulut anda. Ketidak hati-hatian saat mengunyah makanan di dalam mulut seringkali membuat bagian pipi dalam dan juga bibir anda bahkan lidah anda tidak sengaja tergigit.

2. Kelelahan 

Saat tubuh sedang tidak dalam keadaan prima karena kelelahan karena pekerjaan juga dapat menyebabkan sariawan muncul.

3. Kekurangan vitamin

Mengalami sariawan juga karena kekurangan vitamin B12, zat besi. Selain kedua mineral diatas, penderita sariawan juga biasanya mengalami kekurangan vitamin C.  Namun demikian, vitamin B12, vitamin C dan juga zat besi tidaklah mutlak dapat menyebabkan sariawan.

4. Pemakaian kawat gigi

Jika anda menggunakan kawat gigi, maka sudah hampir pasti anda akan sering mengalami sariawan. Karena proses pemasangan kawat gigi dapat menimbulkan luka pada bagian gusi dan juga rongga mulut.

5. Kuman dan sejenisnya

Sariawan dapat muncul karena kuman, bakteri dan juga plak yang bersarang di dalam mulut yang tidak dibersihkan dengan baik. Kuman tersebut akan menginfeksi bagian mulut yang akan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit gigi dan juga sariawan.

16 komentar:

  1. kalau saya makan terlalu banyak yg mengandung minyak pasti kena sariawan mbak.itu termasuk penyebab kurang vitamin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adminya...laki tau perempuan siih...?

      Delete
    2. Sambil nunggu mending ngopi dulu :D

      *Upssss kan saya adminnya :D

      Delete
    3. Kalo siang cowok. kalo malam cewek :D

      Delete
  2. Biasanya sariawan muncul setelah saripagi.....ini ciuus lho.....swerrrrrr

    ReplyDelete
  3. biasanya sariawan terjadi karena bakteri dimulut sih, ketaambah pipi dan lidah yang kegigit, biasanya saya kalo sariawan suka gosok gigi dan langsung dengan obat kumur untuk pertolongan pertama, kalo sariawan makin menjadi minum las**ar

    ReplyDelete
  4. Sariawan juga bisa terjadi karna keseringan Ciuman... 😆

    ReplyDelete
  5. Kalau saya jarang sekali sariawan, tapi saudara saya sering banget sariawan ketika lagi stress.

    ReplyDelete
  6. Sariawan terjadi salah satunya...karna perubahan cuaca akibat nya daya tahan tubuh lemah kekurangan vitamin C ...gitu mas...

    ReplyDelete
  7. tapi yang paling banyak di sebabkan karena kekurangan vitamin

    ReplyDelete
  8. hampir semua keterangan di atas, pernah saya alami.. hehehe..
    salam kenal ya mas Harga Helm Terbaru dan Termurah

    ReplyDelete
  9. Kalau ane habis makan pedes banget gitu langsung besoknya muncul gan..
    berarti itu penyebabnya kelelahan atau kuman ya?

    ReplyDelete