Home » » Musim Hujan Sudah Datang. Ini Cara Tingkatkan Imun Tubuh

Musim Hujan Sudah Datang. Ini Cara Tingkatkan Imun Tubuh

Memasuki pergantian musim yang ada di nagara kita. dari musim kemarau ke musim hujan, biasanya sistem kekebalan tubuh manusia akan mudah berkurang atau menurun akibat berbagai kondisi seperti perubahan suhu. Pada saat itu pula tubuh rentan terkena bakteri, kuman dan virus yang menyebabkan penyakit.


Sistem kekebalan tubuh kita merupakan keseimbangan hubungan antar sel dan organ yang bekerja sama untuk melindungi kita dari berbagai macam penyakit. Sel-sel pertahanan tersebut ditemukan pada bagian tubuh seperti amandel, limfa, kelenjar getah bening dan sumsum tulang.

Sistem kekebalan tubuh kita bekerja untuk membuat antibodi yang melacak dan menghancurkan zat penyebab penyakit. Jika sistem imun kita tidak bekerja dengan baik, maka tubuh tidak memiliki perlawanan dan kita sangat mudah terserang penyakit.

Berikut cara meningkatkan sistem imun tubuh kita pada musim hujan :

1. Makan dengan cara yang benar

Mengonsumsi terlalu banyak gula atau lemak jenuh menekan sel-sel sistem kekebalan tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan bakteri.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur setiap harinya bisa meningkatkan jumlah sel yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi. Olahraga dapat menjadi solusi meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk menghadapi musim penghujan.

3. Mengurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko berkembangnya penyakit tertentu. Dengan mengurangi berat badan, harapannya dapat menjadi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Istirahat yang cukup

Kurangnya tidur dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Sebaiknya tidur selama 7 jam setiap malamnya. Tidur dan istirahat yang cukup sangat baik sebagai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh

4 komentar:

  1. Sepertinya yang point ke tiga, gak cocok buat saya hehe :D
    Saya malah ingin menaikkan berat badan :)
    Yang point keempat, sepertinya saya harus waspadi... hehe
    Terima kasih atas share artikelnya... :)

    ReplyDelete
  2. keren sukeren artikelnya mengingatkan kita akan banyaknya penyakit dan maka untuk segera mengimunkan diri.

    ReplyDelete
  3. poin 2 berat banget ya, olah raga itu cape hehe..

    ReplyDelete
  4. Waduh point yang ketiga tuh yang belum bisa, maklum banyak begadang.

    ReplyDelete