Home » , » Inilah Alasannya Kenapa Anda Harus Rajin Cuci Tangan

Inilah Alasannya Kenapa Anda Harus Rajin Cuci Tangan

Bagi sebagian orang mencuci tangan mungkin terlihat suatu pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang dan bahkan mereka sering mengabaikannya. Kegiatan mencuci tangan adalah suatu kegiatan yang ringan dilakukan, akan tetapi memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kita.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada tangan, jari jari, serta kuku kita.

Inilah Alasannya Kenapa Anda Harus Rajin Cuci Tangan

Tahukah anda jika ada lebih dari 5 ribu kuman di tangan Anda sekarang? Tapi anda tidak dapat melihatnya secara langsung sehingga tak terlalu khawatir akan hal tersebut. Tapi jika Anda bisa melihatnya, dijamin Anda akan mencuci tangan puluhan kali dalam sehari.

Mencuci tangan terlalu sering juga tidak baik. Tapi setidaknya Anda wajib cuci tangan sebelum atau setelah melakukan hal-hal berikut :

1. Mencuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan itu sangat penting dilakukan, jika tidak atau lupa untuk mencuci tangan, sama saja Anda memasukkan ribuan kuman ke dalam mulut saat makan. Hal itu bisa mengakibatkan kesehatan Anda terganggu, dan akan sangat mudah terserang penyakit.

2. Setelah dari kamar mandi

Kamar mandi adalah tempatnya kuman kuman yang bisa membuat Anda terserang penyakit. Jadi jika tak ingin kuman yang bersarang di dalam kamar mandi ganti hinggap di tangan anda, sebaiknya cuci tangan dengan sabun setelah buang air.

3. Setelah bersin & batuk

Setiap kali Anda bersin ataupun batuk, Anda menyebarkan kuman ke mana-mana, dan mungkin menghinggapi orang di sekitar. Gunakan tisu saat bersin atau batuk dengan menutup mulut dan hidung lalu cucilah tangan setelahnya. Jika tidak, kuman akan menyebar pada benda apa pun yang Anda sentuh.

4. Setelah membuang sampah

Sampah adalah tempatnya kuman. Meskipun Anda tak menyentuh sampah secara langsung, sampah dan kantong plastik sampah mengandung banyak kuman. sehingga habis membuang sampah wajib bagi Anda untuk mencuci tangan.

5. Setelah memegang hewan

Binatang juga memiliki kuman. Jadi setelah mengusap bulu-bulu hewan sebaiknya Anda segera mencuci tangan. Apalagi jika tangan Anda terkena jilatannya.

1 komentar: